Monday, January 21, 2008

Download File .mp3 Dari Multiply

Multiply.com merupakan salah satu situs jejaring sosial dimana di sana kita dapat berbagi banyak hal kepada orang lain, baik itu member situs tersebut atau bukan. Salah satunya adalah musik atau file-file .mp3. Fasilitas untuk mengunduh file-file .mp3 tersebut sekarang ini sudah dihilangkan oleh pihak Multiply sehingga kita hanya bisa menikmati fasilitas streaming saja.

Nah, sekarang jangan khawatir karena saya punya sedikit trik untuk mengunduh file .mp3 yang ada di Multiply . Caranya sih cukup mudah, antara lain:
  • Login terlebih dahulu. Bagi yang belum mempunyai account Multiply silahkan register terlebih dahulu (santai aja gratis ini :)).
  • Cari file .mp3 atau musik yang ingin kamu unduh dengan memanfaatkan fasilitas "search" yang ada di Multiply
  • Klik link situs yang memuat file .mp3 atau musik yang kamu cari tersebut.
  • Klik kanan pada link "Play this playlist" dan pilih Save target as.. pada Internet Explorer atau Save Link As.. pada Mozilla Firefox.
  • Ketika dialog box menanyakan lokasi penyimpanan, pilih saja pada direktori yang diinginkan. Sekalian saja ubah ekstensi file dari .m3u menjadi .txt.
  • Untuk pengguna Windows, buka Wordpad (dari Start — Programs — Accessories). Dengan Wordpad, arahkan ke direktori dimana menyimpan file playlist tadi, dan pilih file blabla.txt tadi untuk dibuka.
  • Sekarang tentunya dapat melihat baris-baris yang merupakan alamat web dari masing-masing file. Pilih-pilih saja berdasarkan nama file mp3 yang ada pada bagian tengah baris. Copy-paste ke address bar browser (seperti Internet Explorer atau Firefox), dan seharusnya proses download file .mp3 pilihan akan dimulai.
Selamat mencoba... :)

4 comments:

Anonymous said...

Nanya donk mas,,Klo seandainya di situs yg mo gw ambil lagunya itu ga ada link "Play this playlist"-nya gmn caranya?? coz gw pernah nemuin tuch...

~thanks..

Dhiemaz RYS said...

@ringo:
Sampai saat ini sih, saya belum pernah menemukan kasus seperti anda. Saran saya coba cari di tempat yang lain saja, kan banyak tuh...:D

Anonymous said...

Heheheh...
dasar donlot mania...
Saya juga bikin account multiply buat donlot doank..

Dhiemaz RYS said...

@berli:
sama dong...;D