Friday, November 2, 2007

[Hati-Hati] PCMAV Bajakan !

Beberapa waktu lalu, salah satu produk dari PC Media, yakni PCMAV RC 21 disinyalir terdapat virus di dalamnya. Lalu, setelah melakukan pencarian jawaban untuk isu tersebut, akhirnya di virusindonesia.com telah dijelaskan bahwa hal tersebut benar adanya. Akan tetapi, PCMAV yang mengandung virus tersebut adalah PCMAV bajakan. Sedangkan PCMAV yang telah beredar dalam kepingan CD/DVD dari majalah PC Media atau PC Mild dijamin keasliannya. Di luar daripada itu, mereka tidak menjamin keaslian PCMAV (dalam hal ini, tidak terdapat virus di dalamnya).

Biasanya PCMAV bajakan tersebut ketika ingin dijalankan akan menampilkan pesan error "File damaged or infected by virus!". Hal ini terjadi karena fitur pengaman PCMAV teraktivasi akibat dari virus yang menginfeksi dirinya.

Namun, selama ini saya tenang-tenang saja dalam men-download PCMAV dari situs-situs yang menyediakan tempat untuk men-download-nya, walaupun kadang-kadang timbul hal-hal yang aneh seperti PCMAV tidak bisa diintegrasikan dengan ClamAV. Sampai sekarang ini, saya pun masih bingung mengapa hal ini terjadi - apakah karena PCMAV yang saya dapatkan bajakan atau karena hal lain.

NO COMMENTS YET: