Friday, November 16, 2007

PCMAV RC 22: Semakin Sempurna...

Tak berapa lama update ketiga untuk PCMAV RC 21 terbit, ternyata PCMedia telah melahirkan lagi generasi penerusnya, PCMAV RC 22. Dalam rilis kali ini, PCMAV RC 22 telah mengenali sebanyak 1259 virus beserta variannya yang telah beredar di Indonesia. Selain itu, kecepatan untuk scanning-nya diakui lebih cepat daripada PCMAV RC 21 yang sebelumnya diakui sebagai yang tercepat dari generasi-generasi sebelumnya.


Apa aja sih yang baru dari PCMAV RC 22 ini?

  1. Ditambahkan, database pengenal dan pembersih 67 virus lokal/asing/varian baru yang dilaporkan menyebar di Indonesia. Total 1259 virus beserta variannya yang banyak beredar di Indonesia telah dikenal di RC22 ini oleh engine internal PCMAV.
  2. Optimasi, engine core scan kini lebih bertenaga sehingga kecepatan pendeteksian meningkat 40%-50% dibandingkan versi sebelumnya, dan tentunya tetap akurat.
  3. Improvisasi, optimasi kode pada rutin penanganan file dan penambahan error handling yang lebih ketat.
  4. Diperbaiki, kesalahan nama file yang panjang yang menjadi ’short file name’ ketika file tersebut di-scan menggunakan parameter atau melalui Context Menu di Windows Explorer.
  5. Ditambahkan, pengenal untuk beberapa program ‘Virus Generator’.
  6. Diperbarui, perubahan beberapa nama virus mengikuti varian baru yang ditemukan.
  7. Improvisasi, kemampuan engine “DeepClean” agar perbaikan registry lebih sempurna dibanding PCMAV versi sebelumnya.
  8. Diperbaiki, kesalahan deteksi (false alarm) pada beberapa program.
  9. Perbaikan beberapa minor bug dan improvisasi kode internal untuk memastikan bahwa PCMAV Cleaner & PCMAV RealTime Protector lebih dari sekedar antivirus biasa.
Dengan adanya PCMAV RC 22 ini, PCMedia telah memantapkan dirinya untuk menerbitkan PCMAV 1.0 Final.

Download PCMAV RC 22 credit to: Akhdian.wordpress.com
====================================================================
INFO TERKINI:

Sekarang PCMedia sudah mengeluarkan Update Build1 untuk PCMAV RC 22. Cara meng-update-nya sama saja seperti pada PCMAV RC 21. Bila ingin meng-update secara online, Anda dapat secara langsung menggunakan fitur GetUpdates pada PCMAV RC 22 Cleaner, tapi sebelumnya matikan terlebih dahulu PCMAV RC 22 RTP-nya. Sedangkan bila Anda ingin meng-update-nya secara offline (manual), dapat men-download-nya langsung di DivShare.com atau di IndoUpload.net.

Apa aja sih yang terbaru di update-an yang pertama ini?

Mengutip dari virusindonesia.com, bahwa:

Salah satu signature virus lokal yang terdapat pada update kali ini adalah varian virus Adryz.B. Seperti pada varian sebelumnya, ia dibuat menggunakan bahasa Visual Basic. Virus yang memiliki ukuran tubuh sebesar 118.272 bytes ini di-pack menggunakan UPX. Pada varian kali ini, ia masih mempercayakan pada icon folder bawaan Windows untuk mengelabui korbannya. Virus ini secara realtime akan meng-copy-kan dirinya ke setiap drive agar dapat menyebar.

Jadi, jika Anda pengguna flashdisk, sebaiknya berhati-hati apabila menemukan file mencurigakan yang Anda sediri tidak merasa membuatnya. Contohnya, beberapa virus banyak yang menggunakan trik Autorun dari removable disk dengan menempatkan file induk dan file pendukung dengan nama autorun.inf pada root drive tersebut, jadi saat Anda mengakses drive terinfeksi, maka tanpa disadari virus ini pun ikut aktif.

Dalam aksinya, Adryz.B akan selalu memantau waktu di komputer Anda, yang pada saat-saat tertentu akan menampilkan pesan yang ditujukan kepada sang user untuk melakukan ibadah sholat bagi umat muslim. Ini dilakukannya pada pukul 04:35:00, 12:05:00, 15:30:00, 18:05:00, dan 19:05:00. Selain itu, pada direktori Windows pun akan terdapat pesan dari sang pembuat virus. Dalam pesan kali ini, anehnya ia menceritakan tentang sejarah dari Gorontalo, entah apa maksudnya.

Tapi, melihat dari kelakuan dari virus ini, bukannya membahayakan melainkan menguntungkan karena dia hampir seperti reminder sholat lima waktu bagi umat muslim. Hehehe...


6 comments:

Anonymous said...

Kalo mau yg lebih cepet lagi bisa ke:
http://www.ansav.com

~ Wah, Dimas nge-link blog saya gak bilang... Untung saya ngliat, kan gak enak klo gak dilink balik. Saya link balik yah!

Anonymous said...

ane keknya agak ragu ama PCMAV RC22, soalnya di official site nya PCMAV , pcmav.org, belum diumumin tuh.

dan lagi ada kabar tentang PCMAV yang terinfeksi virus, jadi klo dapetin PCMAV dari hasil ngedonlot, bukan langsung dari majalah nya. itu Ada yang udah terinfeksi virus. malah jadi lebih bahaya katanya.

Dhiemaz RYS said...

@Praditya
Thanks atas infonya...Tapi, saya masih kepincut dengan PCMAV..
Hehehe...

Dhiemaz RYS said...

@kamal
Maksudnya masih ragu dengan PCMAV RC22 dalam hal apaan nih?

Klo takut dengan virus yang ikut menginfeksi PCMAV, hmm... saran saya sih download-lah dari tempat-tempat yang terpercaya.

Anonymous said...

@kamal:
Official site nya bukan pcmav.org

Yg bener:
http://www.virusindonesia.com

Disitu bsa dilihat berita2 terbaru...

Dhiemaz RYS said...

@Praditya
Terima kasih atas informasinya. Tadinya saya sempat bingung yang mana sih yang benar alamat official-nya PCMAV.